INFO TENTANG PPDB 2017

  • JADWAL PELAKSANAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ( PPDB)
    TAHUN PELAJARAN 2017/2018

    1. SOSIALISASI                                                             : 1 -10 JUNI 2017
    2. Pendaftaran JALUR BINA LINGKUNGAN             : 12-13 JUNI 2017
    3. PENGUMUMAN JALUR BINA LINGKUNGAN      : 14 JUNI 2017
    4. Pendaftaran JALUR UMUM/Reguler/Prestasi            :  15 - 20 JUNI 2017
    5. PENGUMUMAN JALUR UMUM/Reguler/Prestasi :  21 JUNI 2017
    6. DAFTAR ULANG                                                       :  10 - 13 JULI 2017

    Persyaratan
    Pasal 6

           (1)  Persyaratan calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA, SMK:

         a. berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun;
         b. memiliki ijazah/STTB SMP/MTs/Paket B atau bentuk lain yang sederajat; dan
         c. memiliki SKHUN/SHUN SMP/MTs/Paket B atau bentuk lain yang sederajat.

    (2)   Persyaratan calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c dikecualikan bagi calon peserta didik yang berasal dari Sekolah di luar negeri.

    (3)   Menyerahkan Surat Keterangan BEBAS NARKOBA yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), Rumah Sakit, Dinas Kesehatan atau Puskesmas.

                                                                                                    Pasal 7
    Syarat usia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf a dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah setempat sesuai dengan domisili calon peserta didik.
     

    NB :
    a. Point 1b,1c di foto copy sebanyak 2 lembar dan di Legalisir, 1c disertai aslinya
    b. Menunjukkan KK asli dan menyerahkan 2 lembar foto copynya
    c. menyerahkan photo 3x4 sebanyak 3 lembar.
    d. Semua berkas dimasukkan ke dalam stopmap , untuk laki-laki warna merah dan untuk perempuan warna kuning.

     

     

    Mekanisme Pendaftaran
    PRA PENDAFTARAN

    Pasal 10

    (1)  Pra pendaftaran harus dilakukan oleh Calon Peserta Didik dengan kriteria sebagai berikut :

    a. Peserta didik dari luar Kabupaten/Kota dan/atau yang sekolahnya berasal dari Luar Kabupaten/Kota;
    b. Peserta didik yang Lulusan Paket B;
    c. Peserta didik lulusan Tahun 2014, 2015 dan 2016;
    d. Peserta didik yang memiliki Dokumen Prestasi akademik dan non akademik.

    (2)  Tata cara melakukan Pra Pendaftaran adalah sebagai berikut :

    a.  Untuk Calon Peserta didik lulusan dari luar Kabupaten/Kota dan domisili dari luar Kabupaten/Kota;

    1. melengkapi dokumen kelulusan antara lain : SHUN/SKHUN dan/atau Ijazah Asli dan foto kopi;
    2. menyerahkan dokumen kepanitia Pendaftaran;
    3. proses peng-entry-an;
    4. petugas Pendaftaran menyerahkan tanda bukti pra pendaftaran kepada calon peserta didik;
    5. calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata Cara Pendaftaran.

    b. Untuk Calon Peserta didik lulusan dari luar Kabupaten/Kota tetapi berdomisili di Kabupaten/Kota tempat mendaftar;

    1. membawa Kartu Keluarga;
    2. melengkapi dokumen kelulusan antara lain: SKHUN/SHUN dan atau Ijazah Asli dan foto kopi;
    3. menyerahkan dokumen ke panitia Kabupaten/Kota;
    4. proses peng-entry-an;
    5. petugas Pendaftaran Panitia Kabupaten/Kota menyerahkan tanda bukti pra pendaftaran kepada calon peserta didik;
    6. calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata Cara Pendaftaran.

    c.   Untuk Peserta didik lulusan Paket B dan lulusan Tahun 2014, 2015 dan 2016;

    1. melengkapi dokumen antara lain: SKHUN/SHUN dan atau Ijazah Asli dan foto kopi;
    2. menyerahkan dokumen ke panitia Kabupaten/Kota;
    3. proses peng-entry-an;
    4. petugas Pendaftaran Panitia Kabupaten/Kota menyerahkan tanda bukti pra pendaftaran kepada calon peserta didik;
    5. calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata Cara Pendaftaran.

    d.   Untuk Peserta didik dengan Prestasi akademik dan non akademik

    1. calon peserta didik melengkapi Dokumen Prestasi akademik atau nonakademik, antara lain: Surat Keputusan, Piagam/Sertifikat asli dan foto kopi;
    2. menyerahkan dokumen ke panitia Kabupaten/Kota;
    3. verifikasi Dokumen Prestasi;
    4. proses peng-entry-an;
    5. petugas Pendaftaran Panitia Kabupaten/Kota menyerahkan tanda bukti verifikasi Dokumen Prestasi;
    6. calon Peserta Didik menerima tanda bukti pendaftaran;
    7. calon Peserta Didik langsung dapat mendaftar sesuai dengan Tata Cara Pendaftaran.

     

    Pendaftaran
    Pasal 11

    1. Mekanisme PPDB Dalam Jaringan (daring/online  )             

    a. Model A

    1. calon Peserta Didik datang ke sekolah terdekat mengambil dan mengisi formulir pendaftaran;
    2. calon Peserta Didik mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan formulir pendaftaran beserta dokumen pendukung untuk diverifikasi dan pengesahan, kepada petugas di sekolah selanjutnya operator sekolah melakukan entri data pandaftaran;
    3. setelah dientri, Petugas Pendaftaran menyerahkan tanda bukti pendaftaran kepada calon peserta didik;
    4. calon Peserta Didik langsung dapat melihat hasil secara online melalui http://ppdb-kaltim.com.

    b. Model B

    1. calon Peserta Didik mendaftar secara online di mana ada fasilitas internet dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran;
    2. calon Peserta Didik wajib datang ke sekolah terdekat menyerahkan tanda bukti pendaftaran beserta dokumen pendukung untuk diverifikasi dan pengesahan;
    3. operator sekolah memverifikasi tanda bukti pendaftaran;
    4. operator sekolah mencetak dan menyerahkan tanda bukti verifikasi pendaftaran;
    5. calon Peserta Didik menerima tanda bukti pendaftaran;
    6. calon Peserta Didik yang belum melakukan verifikasi bukti pendaftaran dianggap belum terdaftar;
    7. calon Peserta Didik langsung dapat melihat hasil secara online melalui http://ppdb-kaltim.com.

    c. Pilihan Sekolah

    Calon Peserta didik pada saat pendaftaran dapat memilih sekolah paling banyak 4 (empat) sekolah tujuan sesuai zona PPDB yang telah ditetapkan, sebagaimana daftar SMA dan SMK pada lampiran keputusan ini sesuai dengan urutan pilihan yang diinginkan calon peserta didik;


    (2) Mekanisme PPDB Luar Jaringan (luring/offline)
    a. Model A

    1. calon Peserta Didik datang ke sekolah terdekat mengambil dan mengisi formulir pendaftaran;
    2. calon Peserta Didik mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan formulir pendaftaran kepada petugas di sekolah selanjutnya operator sekolah melakukan entri data pandaftaran;
    3. setelah dientri, Petugas Pendaftaran menyerahkan tanda bukti pendaftaran kepada calon peserta didik.

     

    Penambahan nilai
    Pasal 12

     

    1. Prestasi Akademik dan Non Akademik

    a.    Prestasi Akademik dan Non Akademikadalah prestasi yang diperoleh melalui lomba secara berjenjang dalam even yang sejenis dengan menunjukkan bukti berupa Surat Keputusan dan sertifikat kejuaraan dari tingkat Kabupaten/Kota sampai Internasional, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (OSN, O2SN dan FLS2N) untuk penghargaan 3 (tiga) tahun terakhir;

           b.   Penambahan nilai yang diberikan sebagaimana pasal 12 ayat (1) huruf a adalah sebagai berikut:

    1. Juara 1,2,3 Tingkat Internasional diberi tambahan nilai 40;
    2. Juara 1,2,3 Tingkat Nasional diberi tambahan nilai 30;
    3. Juara 1,2,3 Tingkat Provinsi diberi tambahan nilai 10;
    4. Juara 1,2,3 Tingkat Kabupaten/Kota diberi tambahan nilai 5

    c.  Prestasi yang diperoleh melalui lomba yang diselenggarakan oleh Organisasi atau Lembaga di luar pasal 12 ayat (1) huruf a untuk penghargaan kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir, dengan penambahan nilai yang diberikan adalah sebagai berikut:

    1. Juara 1,2,3 Tingkat Nasional dan Internasional diberi tambahan nilai 10;
    2. Juara1,2,3 Tingkat Provinsi diberi tambahan nilai 5

    d.  Nilaitambahan yang diperoleh hanya berasal dari salah satu sertifikat kejuaraan yang memiliki bobot nilai tertinggi.

    2.  Pilihan Sekolah
    a. Penambahan Nilai sebesar 20 (duapuluh) poin diberikan kepada setiap Pilihan I (pertama)
    b. Penambahan Nilai tidak diberikan pada Pilihan II (kedua) dan seterusnya.

    Bina Lingkungan
    Pasal 13

    Jalur Bina Lingkungan diperuntukkan bagi:

    a. calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu yang berdomisili dalam satu zona;

    b. calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu sebagaimana dimaksud pada huruf a, dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau bukti lainnya yang diterbitkan oleh pemerintah (serendah-rendahnya Pemerintah Kabupaten/Kota) KIS/KIP;

    c. apabila calon peserta didik memperoleh SKTM dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan perolehannya, akan dikenakan sanksi pengeluaran dari Sekolah;

    d. Sanksi sebagaimana dimaksud pada huruf c, diberikan berdasarkan hasil evaluasi Sekolah bersama dengan komite sekolah, dewan pendidikan, dan dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

    e. calon peserta didik yang berasal dari Anak Kandung Guru;

    f. calon peserta didik penduduk yang berdomisili di sekitar sekolah maksimal 4 (empat) Rukun Tetangga (RT) sekitar sekolah sebagaimana ditetapkan dalam lampiran;/ RT yang berdampingan dengan Sekolah;

    g. calon peserta didik sebagaimana dimaksud pada huruf e, dan huruf f, ditunjukkan dengan Kartu Keluarga.

     

    ***

    Point a ( calon peserta didik baru ) yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) yg ASLI atau Kartu Indonesia Pintar (KIP )

     

    *****
    INFO SELENGKAPNYA BISA DI LIHAT LANGSUNG DI TEMPAT PENDAFTARAN ( SMAN 3 SAMARINDA)